TEKNIK REPARASI TV Berwarna Untuk Pemula

Banyak tulisan di grup TV CRT seperti ini :
” Elco sudah di ganti semua ” .Flyback sudah di ganti baru ” IC sudah di ganti juga ” . dan problem belum juga teratasi
Kalau begitu biaya untuk nyervis tv CRT MAHAL .Harus keluar biaya Gede karena komponen banyak yang di ganti ,dan juga banyak waktu yang tersita.
Terus uang untuk belanja keluarga gimana ? terus waktu untuk keluarga kapan ?.
Saya disini mau berbagi sedikit tips untuk ngecek elco terutama di bagian output Trafo yang sering banget di jumpai elco yang tidak berfungsi ,Tanpa ESR
Thn 1981 direktur teknik NHK jepang mengeluarkan buku dengan judul TEKNIK reparasi TV Berwarna , Beliau bernama YOSHIKATSU SAWAMURA & IR.REKA RIO dari ITB bandung
di dalam buku tsb di jelaskan cara ngecek rangkaian dengan alat yang sederhana yaitu sinyal detektor .
Skema nya ada di gambar di bawah ini .
Cara kerjanya : Jika ada sinyal masuk ke input baik itu sinyal vertikal,hosrizontal ,sinyal suara akan di teruskan oleh c2 ,lalu sinyal tersebut di searahkan oelh D1 ,dan D2 output dari D1 di fillter oleh C1 menjadi tegangan DC , alat untuk ngukur nya bisa menggunakan Microvolt  Volt DC .
Jadi caranya sangat sedrhana .
Nah jika tidak punya MicroVolt meter sekarang sudah ada AVO METER yang sudah terdapat rangkaian sinyal detector tertanam di AVO meter .di antaranya merek heles YX 360 tRN . Perhatikan skema avo meter di atas ,rangkaian sinyal generator udah ada di dalam avo meter tsb .
Petunjuk pemakaian :
1. Ukur ELCO di output PSU tidak perlu ESR
  • Pindahkan Posisi selctor avo meter ke AC 2,5 VOLT ,Pindah Jarum probe warna merah ke output . Hubungkan kabel hitam ke ground Tv dan yang kabel probe  merah untuk ngukur elco .Tv harus posisi menyala ,hubungkan ke listrik .lalu ukur di kaki posistif masing masing elco yang di ukur tidak boleh jarum nya bergerak atau harus tetap di posisi 0 volt . . kalo bergerak walaupun sedikit saja  berarti masih ada sinyal dari diode yang masih belum sempurna DC nya artinya sinyal DC masih di tumpangi sinyal frequensi tinggi karena ELCO sudah tidak bisa mengubah menjadi DC murni .
  • ada 2 trafo di dalam TV yakni Trafo SMPS atau di kenal dengan trafo PSu dan trafo Flyback ,kedua trafo ini membangkitkan tegangan DC ,
  • Trafo PSU atau SMPS menyuplai B + untuk tegangan 110 volt yang biasa di teruskan ke kai FBT dan juga tegangan untuk IC MICOM ,Tegangan Untuk audio dan juga tegangan untuk IC gambar/Chroma/Video dan ada juga yang dipake untuk VCC IC vertikal .
  • pada gambar di bawah ini jarum meter tidak boleh bergerak klo bergerak berarti elco jelek ,tidak usah ragu langsung ganti saja .
  •                   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*