Category Archives: lcd

POLYTRON LCD PLM32M11 PROTECT MODE

POLYTRON 

LCD POLYTRON MODEL PLM32M11 Masuk dengan keluhan jika di onkan , lampu standby berkedip kedip terus mati stby .

Pada Awalnya tv ini mengalami kerusakan ,pada saat ada petir. tiba tiba tv mati sendiri ,Saya menduga kerusakan ada dibagian Main UNIT atau blok Utama ,

saya datang ke SS polytron menanyakan ketersediaan Main unit ,namun pihak SS tidak bisa melayani dengan alasan Unit LCD harus diserahkan/diservice oleh pihak SS ,

Saya merasa penasaran ,lantas saya coba mencari flash bios untuk model PLM32M11 .Kebetulan ada rekan teknisi yang mau meminjamkan main unit , dan membackup file bios MX32L320D (4MB) ,lalu saya program bios nya dengan file yang baru saya ambil dari unit yang bagus .

Setelah itu dicoba di hidupkan  dan ternyata LCD polytron menyala dengan normal tdk lagi masuk ke mode protect .

Kesimpulan :seperti pada Umumnya DVD, yang sering mengalami kerusakan pada BIOS eeprom nya ,LCD pun mengalami hal yang sama ,mengalami ERROR difile BIOS nya ,

Ini adalah link download jika mau mendownload firmware LCD POLYTRON MODEL PLM32M11 ,harap dicatat model ini yang menggunakan panel  LTA32AP05 .

MAIN UNIT LCD POLYTRON MODEL PLM32M11

SHARP LCD TV LC-22L10M MATI SENDIRI

LCD SHARP 22 inchi

LCD SHARP 22 inchi ini datang dengan keluhan mati sendiri setelah beberapa menit di hidupkan ,Dugaan awal disebabkan oleh rangkaian protector aktip .namun ketika di perhatikan ada gejala lain timbul ,yaitu chanel pindah sendiri .Analisa sementara mengarah ke switch tombol ada yang ,rusak .

semua tombol dilepas      semua tombol di lepas  

lalu diambil langkah melepas semua tombol switch ,mulai dari  power,volume,chanel dan lain lain .TV dihidupkan dengan remote dan setelah diamati TV normal ! .jadi kesimpulan TV ini problemnya sama dengan TV China pada Umumnya yakni switch atau tombol control mengalami kerusakan .setelah mengganti semua switch tombol , tv sembuh.

FLASH TOSHIBA LCD SERI HV dengan UNIPRO JT-9

Ada 2 metode untuk flash bios TOSHIBA LCD SERI HV yang menggunakan IC realtex ini .

1. dengan cara IC Bios dilepas lalu di flash dengan alat flash seperti EZP2010 Atau dengan Unipro JT-9 .

2.Menggunakan IN system Programmer (ISP) .

Saya di sini hanya membahas cara menggunakan ISP karena metode yang pertama tidak akan saya bahas .

Alat yang dibutuhkan adalah kabel flash .Perlu diketahui bahwa toshiba model HV menggunakan jack headphone  dibagian belakang TV LCD tsb bukan untuk output headphone melainkan untuk koneksi data menggunakan mode serial  TX-RX , sama halnya jika kita flash DVB,DVD,atau HandPhone .

Bisa juga menggunakan COM PORT langsung (Com 1) dan dihubungkan dengan TTL converter supaya keluar TX/RX .atau bisa juga menggunakan kabel data hand phone misal DKU atau yang lainnya yang penting keluarnya TX dan RX

Siapkan satu buah jack stereo jantan .Hubungkan tiga buah kabel dengan urutan : ground=> TX=> RX .Hubungkan kabel ini dengan unipro-JT9 seperti pada gambar .

jack

koneksi dengan Unipro

instal software DM341 dari CD kiriman dan jangan lupa Instal serial TTL di menu instalasi pada saat instalasi berlangsung .

Buka software Realtex . klik comm seting (1).pilih com yang  (2)sesuai dengan unipro jt-9 terkoneksi ,bisa dilihat dari device manager .

realtex menu utama

Pilih file sesuai denga TV yang akan di flash ,perhatikan pilihan file untuk TV 32 inchi terdapat dua pilihan Panel , ada yang AUO dan  SAMSUNG jangan sampai tertukar  .

Kliik Burn(4) terlebih dahulu lalu hubungkan Tv dengan jala PLN atau hubungkan AC cord dengan Listrik .jika terhubung dengan benar maka akan connected dan proses flash akan berjalan ,tunggu hingga proses 100 % .