FLASH TOSHIBA LCD SERI HV dengan UNIPRO JT-9

Ada 2 metode untuk flash bios TOSHIBA LCD SERI HV yang menggunakan IC realtex ini .

1. dengan cara IC Bios dilepas lalu di flash dengan alat flash seperti EZP2010 Atau dengan Unipro JT-9 .

2.Menggunakan IN system Programmer (ISP) .

Saya di sini hanya membahas cara menggunakan ISP karena metode yang pertama tidak akan saya bahas .

Alat yang dibutuhkan adalah kabel flash .Perlu diketahui bahwa toshiba model HV menggunakan jack headphone  dibagian belakang TV LCD tsb bukan untuk output headphone melainkan untuk koneksi data menggunakan mode serial  TX-RX , sama halnya jika kita flash DVB,DVD,atau HandPhone .

Bisa juga menggunakan COM PORT langsung (Com 1) dan dihubungkan dengan TTL converter supaya keluar TX/RX .atau bisa juga menggunakan kabel data hand phone misal DKU atau yang lainnya yang penting keluarnya TX dan RX

Siapkan satu buah jack stereo jantan .Hubungkan tiga buah kabel dengan urutan : ground=> TX=> RX .Hubungkan kabel ini dengan unipro-JT9 seperti pada gambar .

jack

koneksi dengan Unipro

instal software DM341 dari CD kiriman dan jangan lupa Instal serial TTL di menu instalasi pada saat instalasi berlangsung .

Buka software Realtex . klik comm seting (1).pilih com yang  (2)sesuai dengan unipro jt-9 terkoneksi ,bisa dilihat dari device manager .

realtex menu utama

Pilih file sesuai denga TV yang akan di flash ,perhatikan pilihan file untuk TV 32 inchi terdapat dua pilihan Panel , ada yang AUO dan  SAMSUNG jangan sampai tertukar  .

Kliik Burn(4) terlebih dahulu lalu hubungkan Tv dengan jala PLN atau hubungkan AC cord dengan Listrik .jika terhubung dengan benar maka akan connected dan proses flash akan berjalan ,tunggu hingga proses 100 % .

57 thoughts on “FLASH TOSHIBA LCD SERI HV dengan UNIPRO JT-9

  1. dear all

    untuk Menggunakan IN system Programmer (ISP), pada port usb yg ada di tv, secara universal type tv, biasayanya alat programmer yang di ganakan apa ya.

    salam

  2. Mas rulla
    File toshiba sudah saya kirim lewat email .
    Terdapat 2 file
    1.file Bin untuk IC dilepas dan diflash menggunakan .Programmer
    2.file sparow untuk ISP menggunakan software REALTEK

  3. Mohon keterangnnya pak,perbedaan antara 2 file ini :
    1.file Bin untuk IC dilepas dan diflash menggunakan .Programmer
    2.file sparow untuk ISP menggunakan software REALTEK.
    BUkankah 2 file tersebut sama-sama milik TOSHIBA LCD SERI HV..terima kasih atas penjelasannya…

    • 1.File Bin adalah file hasil read dari IC Eprom yang dilepas .dan menggunakan programmer SPI seperti EZP2010 atau lainnya .
      2.Kalau file sparow adalah file khusus untuk Flash menggunakan software Realtex (file di pisah pisah menjadi beberapa bagian (file separo )
      keduanya milik toshiba HV dan semua bisa dipakai ,yang jadi catan adalah software dan hardware tools untk masing masing file ini tidak sama .

  4. Kumaha kang tv anu hirup toshiba di flash jadi paeh nyoba program eta kalah maot abi tos lier ,ngange naon supaya hirup….tadina ngetes jeung ngecek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*